Post Top Ad

Friday 6 January 2017

dress for little girl tutorial - membuat baju anak

MINNIE MOUSE DRESS



Saya bikin dress ini karena gadis kecil saya pingin punya dress Minnie mouse..

My daughter really wants to have Minnie mouse dress,, but unfortunately.. yang ada dijual di toko semuanya pakai lengan pendek. She wants to have Minnie mouse dress with long sleeves.. Pinginnya yang lengan panjang, karena dia suka keluar rumah memakai hijab. Dress ini dibuat panjangnya pas betis.. kalau keluar rumah bisa dikasi legging senada sepanjang tumit ditambah hijab kecil kesayangannya.. tapi,, kalau pas dirumah dia bisa lepas hijab dan leggingnya.. jadi pakai dress nya saja.. daaan karena panjangnya sebetis jadi aman.. ga’ cepat kependekan.

Ok.. langsung simak yaa..

Siapkan bahan : kain polkadot , kain untuk pita ( warna terserah), kain untuk applique, retsleting, kain keras, benang merah dan putih, bisban isi warna putih, renda putih, sengkelit karet kecil ( kalau tidak punya bisa diganti benang karet).

Siapkan pola seperti ini.. kalau kurang jelas cara membuat pola anak bisa dilihat di artikel saya tentang pola anak disini,,, atau kalau malas bikin pola bisa jiplak pola baju yang sudah jadi tinggal merubah dikit hingga menyerupai pola ini.. salah-salah dikit gpp laah.. untuk dipakai sendiri aja kan.. ^_^



Step 1
Cut the fabric. Potong kain sesuai pola,, jangan lupa dilebihkan 2cm tiap sisi untuk keliman dan kampuhnya ya..

Front – depan

Back – belakang 2x,, lebihkan 2-3cm pada TB ( Tengah Belakang) untuk retsleting

Sleeves – lengan 2x

Lapisan kerung leher masing-masing 2x

Fabric ribbon – kain untuk pita.

Step 2
Sewing – menjahit

Sambung bahu depan dengan bahu belakang.
Siapkan lapisan kerung leher, rekatkan kain keras dengan seterika panas.
Pasang bisban isi pada lapisan. Piping atau bisban isi ini dapat membuat baju sederhana yang kamu buat terlihat seperti buatan profesional..

Kalau sudah jadi, setrika agar rapi, note: bagian bawahnya jangan dijahit buntu ya.. Cuma lipat aja,, lalu seterika biar rapi dan mudah dipasang,, nanti bagian itu yang dipasangkan ke bajunya.
Pasang sengkelit karet pada sekeliling kerung leher menggunakan zig-zag stitch dengan cara seperti tampak pada gambar, tujuannya agar terbentuk kerutan yang sempurna. Tapi kalau tidak ada sengkelit karet,, kamu bisa menggunakan benang karet, atau dikerut dengan benang biasa.
Setelah terbentuk kerutan, pasang lapisan yang sudah dipasangin bisban isi tadi pada baju.

Siapkan pita yang terbuat dari kain kotak-kotak

 
Pasang pita pada bahu kanan.

Pasang retsleting pada bagian belakang, lalu rapikan bagian ujung atasnya.

Sambung bagian sisi badan bagian depan dan belakang, lalu.. Pasang kain kotak-kotak selebar 2cm pada bagian bawah dress.

Pasang karet pada pergelangan tangan. Saya juga menambahkan renda sebagai hiasan pada pergelangan tangan dan bagian bawah dress..( renda ini optional ya.. boleh dipakai boleh tidak) Lalu pasang lengan pada baju.

Yang terakhir.. buat applique dengan bentuk kepala Minnie mouse.

Jadi deeeh…

Selamat mencoba..
01:04 / by / 0 Comments

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad