Post Top Ad

Thursday 5 January 2017

DRAFFTING PATTERN FOR KIDS - POLA DASAR

MEMBUAT POLA DASAR UNTUK ANAK

Membuat pola dasar.. huffh… rumit nih.. itu yang ada dalam pikiran saya waktu masih sekolah di jurusan Tata Busana.. ^_^
Tapi ternyata membuat pola dasar tidak serumit yang saya bayangkan.. Membuat pola dasar itu mudah...yang rumit itu pecah modelnya. Karena pecah model harus dibayangkan bener bagaimana nanti jatuhnya bahan di badan. Kalau menurut saya… Waktu pengerjaan sebuah pakaian yang paling menyita waktu adalah bagian membuat polanya. Jadi, kalau kamu sudah punya polanya,, simpan baik-baik ya.. biar tidak harus membuat pola berulang-ulang.
Ok.. kali ini saya akan share cara membuat pola dasar badan anak-anak. Untuk ukurannya bisa dilihat di postingan saya tentang tabel ukuran badan anak ya..


POLA BADAN DEPAN
Buatlah garis siku A, B, C, D
A – C = ½ lingkar badan + 2 
B – D = A — C
A – B = panjang punggung + 1 ½
C – D = A—B
A – E= ½ A-C
A – F = 1/6 lingkar leher + ½
A – G = (A – F ) + 1
F – G = buat garis lengkung hingga membentuk kerung leher depan
B – H = A— E
E – L = turun 2 ½ , umumnya untuk anak turun 2 ½ , kalau bahunya bidang boleh turun 2
H— K = ½ L – H
Buat garis lurus hubungkan titik F— L
F – I = lebar bahu
B – J = K - H
G – M = ½ G– J
M – N = ½ lebar dada
Buat garis lengkung hubungkan titik I – N – K 

POLA BADAN BELAKANG C – O = 1 ½
C – P = A – F
Buat garis lengkung O-P
P - Q = lebar bahu
D – E =R – H = 11 cm
O – S = ½ O – R
S – T = ½ lebar punggung
Buat garis lengkung Q —T— K

Semoga bermanfaat yaa…

Selamat membuat pola …Y
22:44 / by / 0 Comments

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad